Penggiat Sejarah Lumajang Selenggarakan Festival Sejarah di Biting

Poster kegiatan bertajuk membangkitkan Lamajang Tigang Juru

BERITALUMAJANG – Bertempat di area Situs Biting, Dusun Biting, Desa Kutorenon, Kabupaten Lumajang, LSM MPPM Timur yang didukung oleh CV. Biting Mega Wisata akan menyelenggarakan festival sejarah bertajuk “Membangkitkan Lamajang Tigang Juru”. Kegiatan spektakuler ini melibatkan para penggiat sejarah se-Tapal Kuda (Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, Jember, Bondowoso, Situbondo).

Ketua Panitia Penyelenggara acara ini Lutfia Amerta kepada BeritaLumajang.com mengatakan bahwa sejarah kebesaran kerajaan Lamajang Tigang Juru selama ini seolah dilupakan oleh masyarakat Lumajang terutama generasi mudanya. Padahal menurut, Lutfia, sejarah kebesaran Kerajaan Tigang Juru seharusnya menjadi kebanggaan bagi masyarakat Lumajang.

Selain bertujuan memperkenalkan dan menggali sejarah Lamajang Tigang Juru, pada tanggal 20 Mei mendatang juga akan dilaksanakan lomba menggambar, nonton bareng film-film lokal Lumajang, dan bedah buku Membangkitkan Majapahit Timur, yang merupakan buku kedua dari Peneliti Sejarah asal Lumajang, Mansoer Hidayat.

Bersama masyarakat dan generasi muda serta para pegiat sejarah, juga akan dilaksanakan napak tilas di areal Situs Biting Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono Lumajang. Acara seperti ini adalah yang kedua kalinya digelar, dan tahun ini adalah gelaran yang kedua.

Sebagai rangkaian acara, pada tanggal 21 Mei juga akan diadakan lomba panahan dan pengenalan senjata tradisional masyarakat Tapal Kuda kepada para pengunjung maupun peserta festival.

Sementara itu sebagai sponsor utama acara ini, Setiawan, dari CV. Biting Mega Wisata berharap agar pelestarian sejarah di Lumajang dapat dilakukan semua pihak, karena banyak peninggalan sejarah yang sangat berharga dari Kerajaan Majapahit Timur atau Lamajang Tigang Juru yang ternyata ada di Lumajang.

“Saya berharap kedepan lebih banyak lagi masyarakat yang peduli dengan sejarah Lumajang dan peninggalan sejarah yang ada dikota ini. Untuk generasi kita kedepan, maka pengenalan sejarah ini harus dilakukan dengan berbagai cara agar generasi kita memahami bahwa Lumajang adalah pusat dari kerajaan Majapahit Timur,” kata Setiawan kepada BeritaLumajang.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *